Sukses Mengendalikan Ganoderma Saat Replanting

165

Saat ini industri perkebunan kelapa sawit terbukti menjadi salah satu industri yang tahan terhadap merebaknya pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia. Hal ini tentu banyak memberikan dampak yang baik bagi negara sebagai devisa dan juga pelaku industri kelapa sawit, serta masyarakat yang bekerja disektor ini, dimana sektor lain banyak yang gulung tikar dan merumahkan karyawannya, namun tidak demikian dengan industri kelapa sawit yang cenderung stabil dan justru mengalami kenaikan pendapatan.

Replanting secara arti harfiah adalah penanaman kembali terhadap komoditi tanaman yang sebelumnya diusahakan. Adapun replanting kebun sawit, berarti mengganti tanaman kelapa sawit yang sudah tidak produktif lagi, dan umumnya tanaman sawit sudah berusia lebih dari 25 tahun, diganti dengan cara tanaman yang sudah tua sebelumnya ditumbangkan baik secara mekanis maupun secara kimia (dengan cara disuntik), lalu kemudian ditanam kembali dengan tanaman baru (bibit) yang layak tanaman, usia bibit sawit yang ditanam umumnya berusia 12 hingga 15 bulan.

Pada saat Replanting atau masuk pada tanaman generasi ke 2 ini, biasanya tingkat serangan Penyakit Busuk Pangkal Batang ( BSR ) yang disebabkan oleh Jamur patogen Ganoderma boninense semakin tinggi.

Gambar 1

Sumber: PPKS (diolah)

Serangan Ganoderma tentu sangat memberikan dampak ekonomi terhadap kelapa sawit yakni dengan terjadinya penurunan produksi dan membengkaknya biaya perawatan tanaman kelapa sawit. Untuk itu perlu dilakukan langkah-langkah terpadu pada saat replanting dilakukan antara lain :

 

Penumbangan /LC

Pohon Kelapa sawit di tumbang (felled) ,kemudian di potong-potong (shredded), penumbangan dilakukan secara mekanis dengan excavator yang dilengkapi chipping bucket dengan ketebalan 10 cm dan disebarkan merata (tidak menumpuk), bonggol batang (bole) di potong-potong (chipping) kemudian disebar merata agar terkena sinar matahari langsung. Lubang bekas bonggol di biarkan terkena sinar matahari kemudian setelah seminggu ditutup kembali bersamaan saat tanam bibit baru.

Gambar 2

 

Pembibitan dan Penanaman

Pada polibag kecil di Pre-Nursery: taburkan Trichoderma 20 gram/polibag + Mikoriza 20 gram/polibag      menjelang penanaman kecambah.

Pada polibag besar di Main-Nursery: taburkan Trichoderma 40 gram/polibag + Mikoriza 40 gram/polibag menjelang pindah tanam bibit dari pre-nursery.


Pada lubang tanam: taburkan Trichoderma 300 gram/lubang + Mikoriza 300 gram/lubang saat pindah tanam bibit kelapangan. Pupuk dasar juga tetap ditaburkan ke lubang tanam sesuai anjuran.

Gambar 3

 

Perawatan Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) dan Tanaman Menghasilkan (TM)

Pada fase perawatan tanaman khususnya TBM  dan TM perlu dilakukan menciptakan lingkungan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan agens hayati seperti Trichoderma dan Mikoriza dengan cara memasukkan bahan organik seperti janjang kosong (TKKS) yang sudah dikomposkan, solid dan abu janjang, serta lakukan keseimbangan pemupukan dengan cara mensubstitusikan sebagian pemupukan pupuk kimia dengan pupuk organik dengan perbandingan maksimal 60% pupuk kimia dan 40% pupuk organik. Kemudian untuk menjaga jumlah agensia hayati khususnya Trichoderma perlu ditambahkan dengan dosis 300 gram/pokok/tahun untuk TBM dan 500 gram/pokok/tahun untuk tanaman TM hal ini untuk memastikan bahwa Trichoderma selalu terjaga populasinya.

Gambar 4

Pengendalian Ganoderma selain langkah-langkah diatas yang paling menentukan adalah komitmen yang kuat dari perusahaan untuk bersungguh-sungguh dalam upaya mengendalikan Ganoderma dengan Tindakan kongkrit yakni menyediakan anggaran yang cukup dalam budget tahunan untuk pengendalian Ganoderma dan membentuk team HPT yang tergambar didalam struktur organisasi.

Dan terakhir, karena Ganoderma adalah penyakit tular tanah, maka selayaknya perlu penyiapan SDM khusus yang fokus pada penyehatan tanah.

Demikianlah kiat sukses mengendalikan Ganoderma saat replanting, mari kita jaga kesehatan lahan khususnya di perkebunan kelapa sawit demi masa depan anak cucu kita nanti, semoga bermanfaat.

 

Share

Informasi & Pelayanan

icon mitrasuksesagrindo@yahoo.com

icon 0251-834 9528 / 831 2843

icon 0813 737 00279 / 0811 810 699

icon Head Office: Jalan Boulevard Blok TN.2 No.7 Kelapa Gading Jakarta Utara 14240

icon Factory: Jl. KH Soleh Iskandar No.59 Bogor 16166

Distributor Resmi

Nogan App

Nogan App